Nahdliyin.id - - Media Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Buya Syafii Maarif: Khilafah Itu Mimpi di Siang Bolong


Nahdliyin.id, Yogyakarta - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Syafii Maarif, angkat suara terkait polemik khilafah yang diusung sekelompok kalangan. Menurutnya, pengusung khilafah adalah orang yang bermimpi di siang bolong.

"Itu (pengusung khilafah) orang mimpi di siang bolong," kata Syafii kepada wartawan di sela-sela acara Refleksi Kepahlawanan Prof Lafran Pane di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (13/12/2017).

Namun Syafii enggan memerinci maksud perkataannya itu. Setelah itu, dia pergi dari kerumunan awak media.

"Sudah itu saja," lanjutnya.

Sebelumnya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menjelaskan tidak ada dalil di dalam Alquran dan hadis yang menerangkan khilafah. Oleh sebab itu, tiap bangsa berijtihad dalam menentukan bentuk negara masing-masing.

"(Negara) Indonesia itu bagian dari bentuk ijtihad, sama dengan (negara) Saudi ijtihad sendiri. Turki sendiri, Iran sendiri, Pakistan sendiri. Kita ijtihad sendiri kan tidak apa-apa, kan boleh," pungkas Mahfud. (asp/asp)
Sumber: Detik.com


Title : Buya Syafii Maarif: Khilafah Itu Mimpi di Siang Bolong
Description : Nahdliyin.id , Yogyakarta -  Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Syafii Maarif, angkat suara terkait polemik khilafah yang d...

Dapatkan Berita Terbaru dari Kami Via Email: