Nahdliyin.id - - Media Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Jokowi: Mentang-mentang jadi presiden gak kenal tetangga, salaman gak mau


Nahdliyin.id - Presiden Joko Widodo meminta guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) membentuk karakter siswa/siswinya berkarakter baik. Sebab, karakter anak mulai dibentuk sejak berada di bangku PAUD.
"Hal-hal berkaitan dengan cinta Tuhan dan segala ciptaan-Nya anak-anak harus diberi pemahaman sejak dini supaya tidak keliru. Terkait kemandirian, mandiri, disiplin, tanggungjawab, anak-anak harus dilatih sejak dini," kata Jokowi saat memberikan sambutannya dalam acara penutupan pelatihan Akbar Guru PAUD Se-Provinsi DKI Jakarta di Convention Hall, Islamic Center Indonesia, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Rabu (20/9).
Tak hanya itu, siswa/siswi di tingkat pendidikan PAUD harus diajari tentang kejujuran, amanah, dan berkata bijak. Jangan sampai di usia dewasanya generasi hanya memiliki kecerdasan tapi tak mempunyai karakter jujur dan amanah.
"Sulit negara ini mengendalikan, mengelola orang-orang dengan karakter yang tidak betul," ucapnya.
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, proses penguatan karakter ada pada tingakatan PAUD. Indonesia darurat korupsi sebetulnya diakibatkan lemahnya pendidikan karakter terhadap generasi.
"Kita tahu yang korupsi itu juga pendidikannya dari TK, SD, SMP, Universitas tapi kenapa melakukan itu (korupsi) karena urusan penguatan karakter itu belum menjadi perhatian pemerintah," ujarnya.
Dia menambahkan, siswa/siswi PAUD harus diajarkan tentang pemimpin yang baik dan bijak. Serta karakter rendah hati, saling menghormati, dan suka tolong menolong.
"Mau jadi RT, jadilah RT yang baik dan bijak, mau jadi lurah jadilah lurah yang baik dan bijak. Mau jadi bupati, wali kota, gubernur, jadilah bupati, wali kota, gubernur yang baik dan bijak dan itu disiapkan sejak dini," ucap dia.

"Enggak sombong kalau kaya, enggak sombong. Mentang-mentang jadi menteri sombong, mentang-mentang jadi gubernur sombong. Mentang-mentang jadi presiden enggak kenal tetangga, mentang-mentang jadi presiden senyum aja enggak mau, salaman saja enggak mau," pungkasnya

Sumber: Merdeka.com


Title : Jokowi: Mentang-mentang jadi presiden gak kenal tetangga, salaman gak mau
Description : Nahdliyin.id -  Presiden Joko Widodo meminta guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) membentuk karakter siswa/siswinya berkarakter baik. Sebab...

Dapatkan Berita Terbaru dari Kami Via Email: