Nahdliyin.id - - Media Islam Rahmatan Lil 'Alamin

NU Perlu Kikis Ajaran Salafi-Wahabi di Media Online


Nahdliyin.id - Nahdlatul Ulama perlu mengikis dominasi ajaran garis keras yang sampai kini masih mendominasi wacana tentang Islam di media online. Dari 10 besar media online berlatar Islam yang ada di internet, sebagian besar dari kelompok intoleran, yaitu kelompok media yang mengampanyekan Islam penuh amarah, serba menyalahkan dengan tudingan bid'ah dan sebagainya.

Karena dominasi itulah maka kesan yang muncul di internet adalah wajah Islam yang tidak ramah, bahkan radikal.

Demikian dinyatakan Direktur NU Online Savic Ali ketika menjadi narasumber dalam acara Kopi Darat (Kopdar) perdana Majelis Cyber Duta Islam (MacDI) di Ponpes Al-Asror Gunungpati, Semarang, Ahad (3/9) malam.

Kopdar MacDI ini diikuti sekitar 40 orang pegiat media online dari berbagai daerah di Pulau Jawa yang diselenggarakan oleh redaksi Duta Islam.com.

"NU kalah dominasi di media, khususnya media Islam online. Internet dikuasai media Islam radikal sehingga wajah Islam yang menonjol adalah intoleran," ujarnya mengajak hadirin menyatukan barisan dan berjuang merebutnya.

Lebih lanjut Savic mengatakan, situs resmi PBNU yakni NU Online adalah satu satunya media Islam nonwahabi yang ada di 10 besar, namun maksimal berada di ranking keempat. Sebuah peringkat yang menurutnya tidak bisa naik di panggung untuk meraih medali.

Dia sebutkan, lima tahun lalu NU Online belum masuk dalam 20 besar. Namun dengan perjuangan yang gigih tiada lelah, akhirnya masuk dalam 20 besar dan kini masuk 10 besar. Keberhasilan itu menurutnya belum prestisius karena tidak menggambarkan kondisi di dunia nyata bahwa NU adalah organisasi terbesar dengan jumlah anggota terbanyak serta diperhatikan oleh mata dunia.

"Jika di dunia nyata NU adalah yang terbesar, mestinya di dunia maya NU nomor satu. Namun nyatanya tidak. Inilah PR kita. Mari kita garap besama," pungkasnya seraya mengajak media Duta Islam bersinergi menghadapi lawan dengan cara sesuai jalur masing-masing. (Ichwan/Alhafiz K)
Sumber: Nu.or.id

Title : NU Perlu Kikis Ajaran Salafi-Wahabi di Media Online
Description : Nahdliyin.id - Nahdlatul Ulama perlu mengikis dominasi ajaran garis keras yang sampai kini masih mendominasi wacana tentang Islam di media o...

Dapatkan Berita Terbaru dari Kami Via Email: