Nahdliyin.id - - Media Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Informasi Jangan Ditelan Mentah-mentah, Budayakan Tabayun


Nahdliyin.id, Bandar Lampung - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung KH Khairuddin Tahmid mengingatkan dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk waspada dan selektif terhadap berbagai informasi dan pemberitaan yang saat ini dengan gampangnya dapat diakses oleh setiap orang.


"Berita jangan ditelan mentah-mentah. Budayakan tabayun. Cek dari siapa, apa dan dianalisa baik atau buruk. Kalau baik, silakan di-share," ujarnya saat hadir pada Forum Dialog Literasi Media Sosial Berbasis Islam Wasathiyah di Hotel Novotel kerjasama Kementerian Kominfo dan MUI Provinsi Lampung, Sabtu (14/10).


Kiai Khairuddin juga mengingatkan kepada masyarakat khususnya warganet (netizen) untuk bijak dalam menerima sebuah berita agar gesekan tidak terjadi di tengah masyarakat.


"MUI sudah mengeluarkan Fatwa Nomor 24 tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial sebagai panduan agar masyarakat bermedsos dengan sehat. Bijak dan selalu ingin berbuat baik adalah pilihan terbaik dalam bermedsos," tambahnya.


Senada dengan Ketua MUI Lampung, Wakil Ketua Komisi Infokom MUI Pusat Musthafa Helmi menjelaskan bahwa dalam Fatwa MUI Nomor 24 disebutkan beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan netizen.


"Jangan menyebarkan permusuhan, bullying, menyebar hoaks, pornografi dan konten yang benar tapi tidak sesuai tempat dan waktunya," jelasnya.


Ia menilai bahwa jika netizen menyebarkan berita-berita yang tidak benar atau berita bohong menurutnya sama saja dengan menjual kebohongan kepada orang lain. "Menjual kebohongan sama saja menjaul keharaman. Kebohongan adalah racun dan membuat hidup tidak berkah," tegasnya.


Ia juga mengingatkan kepada para netizen untuk menyebarkan hal-hal  yang positif dan mengisi konten-konten dunia maya dengan hal yang baik. "Jangan menulis dengan tulisan selain sesuatu yang akan membahagiakan diakhirat nanti. Karena kiamat sudah dekat," pungkasnya. (Muhammad Faizin/Fathoni)

Sumber: Nu.or.id

Title : Informasi Jangan Ditelan Mentah-mentah, Budayakan Tabayun
Description : Nahdliyin.id,  Bandar Lampung - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung KH Khairuddin Tahmid mengingatkan dan mengajak sel...

Dapatkan Berita Terbaru dari Kami Via Email: