Nahdliyin.id - - Media Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Setelah Orang Tua Meninggal dan Tabungannya Raib, Rumah Yatim Piatu Ini Dibedah Ansor-Banser Tulungangung


Nahdliyin.id - Puluhan Anggota Ansor dan Banser Kabupaten Tulungagung merealisasikan agenda bedah rumah di kediaman anak yatim piatu, Ricky (14 tahun) dan Jihan (8 tahun) di Desa Gedangan Kecamatan Karangrejo, Ahad (8/10). Kegitan ini dipimpin langsung Ketua PC Ansor Cabang Tulungagung, Muh. Khoirul Rifa’i dan Kasatkorcab Banser Tulungagung, Yoyok Mubarok.


Menurut Ketua Ansor Cabang Tulungagung, kegiatan ini merupakan respon cepat atas pemberitaan di media sosial tentang kejadian mengharukan yang menimpa Ricky dan Jihan.


Beredar berita di kalangan anggota Ansor-Banser bahwa ada anak yatim piatu di Desa Gedangan yang kedua orang tuanya meninggal hampir bersamaan beberapa bulan lalu. Hal ini diperparah dengan cerita terakhir bahwa uang tabungan mereka sebanyak 1.450.000 hilang. Padahal uang tersebut rencananya akan dibelikan sepeda untuk transportasi ke sekolah.


Rifa’i juga menambahkan, kegiatan ini wujud kepedulian Ansor dan Banser terhadap masalah sosial kemasyarakatan.


“Bedah rumah ini selain untuk membantu anak yatim juga mengisi kegiatan Ansor dan Banser pada bulan Muharam. Sekaligus kita jadikan momentum memperingati Hari Santri Nasional tahun 2017”, ungkapnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Yoyok Mubarok. Menurutnya, kegiatan bedah rumah merupakan inisiatif dari Ansor-Banser Tulungagung, termasuk seluruh pembiayaan dan pendanaan bedah rumah tersebut.


“Kegiatan ini murni didanai dari iuran anggota Ansor dan Banser secara sukarela, serta para relawan lain yang berkenan menitipkan bantuanya berupa uang atau material. Tenaga kerjanya juga diperoleh dari bantuan anggota Ansor-Banser”, jelas Komandan Banser ini bersemangat.


Sesuai data yang ada para anggota Ansor-Banser mengumpulkan bantuan sesuai kemampuan masing-masing. Ada yang membantu dana, ada yang membantu material dan ada yang membantu tenaga kerja. Bahkan ada beberapa anggota yang menyumbang perabotan rumah, seperti meja, kursi, almari dan beberapa perabotan lainnya.


Ketua Panitia Bedah Rumah, Prawito, mencatat ada bantuan yang mengalir dari luar anggota Banser dan Ansor.


“Para sukarelawan ini kebanyakan terpengaruh oleh postingan Panitia Bedah Runmah di berbagai media sosial yang ada. Sehingga mereka menghubungi panitia dan PC Ansor untuk menyumbangkan dananya”, ungkapnya.


Dari antusiasme anggota Ansor dan Banser dalam kegiatan ini, Rifa’i berharap kegiatan sejenis akan dapat dilaksanakan secara kontinyu dikemudian hari. Selain itu dirinya juga berharap batuan rehap rumah yang dilakukan ini akan dapat membantu meringankan beban hidup anak yatim piatu yang dibantu. Bahkan ketua PC. Ansor juga mengagendakan pendampingan kusus terhadap masa depan pendidikan Ricky dan Jihan.


“Kami Ansor dan Banser juga berkeinginan melakukan pendampingan terhadap masa depan pendidikan kedua anak tersebut. Kami akan mendelegasikan urusan ini kepada Pengurus Anak Cabang Ansor Kecamatan Karangrejo untuk melakukan pemantauan dan komunikasi intensif. Sehingga masa depan pendidikanya juga dapat terpenuhi,” ujarnya. (Imam Kusnin Ahmad/Zunus)

Sumber: Nu.or.id

Title : Setelah Orang Tua Meninggal dan Tabungannya Raib, Rumah Yatim Piatu Ini Dibedah Ansor-Banser Tulungangung
Description : Nahdliyin.id - Puluhan Anggota Ansor dan Banser Kabupaten Tulungagung merealisasikan agenda bedah rumah di kediaman anak yatim piatu, Ricky...

Dapatkan Berita Terbaru dari Kami Via Email: