Nahdliyin.id - - Media Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Halal Bihal Bersama GP Ansor, Sandiaga : Stop dan Perangi Radikalisme


Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno, menghadiri Halal Bihalal bersama Gerakan Pemuda Ansor dan Banser. Tema Halal Bihalal ini adalah “Dialog Kebangsaan di Jakarta dalam Harapan & Tantangan Terhadap Radikalisme” .
“Hari ini saya diundang teman-teman dari GP Ansor, untuk membicarakan harapan ke depan Jakarta bisa meningkatkan ukhuwah kita untuk iman kita, terutama dalam memerangi radikalisme,” ujar Sandiaga di Gedung PP DP Ansor, Kramat Jaya, Jakarta Pusat, Minggu (23/7/2017).
Sandi mengapresiasi GP Ansor karena sangat vokal, terhadap isu-isu yang berkembang di tengah masyarakat terutama radikalisme. Menurutnya akar radikalisme salah satunya karena masalah ketidakadilan. Contohnya; masalah faktor ekonomi, Sandi menilai peluang usaha di Jakarta hanya dikuasai segelintir masyarakat.
“Banyak warga Jakarta merasa ketidakadilan, baik itu ekonomi, sosial pendidikan dan berbagai sektor lainnya. Bayangkan lima orang bisa menguasai hampir 90% perekonomian di Indonesia,” kata dia.
Sandi pun mencontohkan kesenjangan di bidang pendidikan yaitu angka putus sekolah warga kurang mampu di Jakarta Utara yang mengkhawatirkan.
Politisi Gerindra tersebut berharap program OK OCE bisa menekan kesenjangan, sehingga ketidakadilan yang menjadi embrio dari permasalahan tersebut bisa ditanggulangi. Kemudian, pemahaman dan pendidikan berkualitas, bisa menjauhkan warga dari pemahaman-pemahaman yang keliru dari radikalisme ini.
“Ini adalah bibit subur radikalisme. Kita ada solusi untuk menekannya, terutama bekerjasama dengan pemerintah pusat. Kita ingin menjadikan pemuda terutama dari GP Ansor, ada Ansor Mart, bisa menyaingi Alfamart dan Indomaret,” ungkap Sandi.
Sandi mengatakan masalah kebangsaan itu harus berdiri dengan kaki sendiri. Hal tersebut ia ingin semua elemen masyarakat ikut perangi radikalisme. “Mudah-mudahan ini bisa kita pupuk dengan Ansor dengan teman-teman Banser yang juga ada disini,” ujar Sandi.
Disamping itu, menurut Sandi, untuk mencegah permasalahan diatas harus melibatkam seluruh elemen masyarakat, dari berbagai komunitas di akar-akar rumput. Kemudian semua elemen harus menggunakan teknologi digital untuk memonitor.
“Kita berharap Pemprov menerapkan isu mengenai radikalisme sebagai isu utama dan bisa terpetakan gerak-geriknya sejak awal,” tutupnya. (ver)
Sumber : hallojakarta.com


Title : Halal Bihal Bersama GP Ansor, Sandiaga : Stop dan Perangi Radikalisme
Description : Jakarta  – Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno, menghadiri Halal Bihalal bersama Gerakan Pemuda Ansor dan Banser. Tema Halal B...

Dapatkan Berita Terbaru dari Kami Via Email: