Nahdliyin.id - - Media Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Saling Mengenal Kunci Menyisiati Keragaman

Saling Mengenal Kunci Menyisiati Keragaman
Nahdliyin.id - Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H. Mochammad Maksum Machfoedz mengatakan bahwa keragaman adalah sebuah kenyataan. Kemudian Allah memberikan satu kata kunci untuk mensiasati keragaman tersebut; lita’arafu (supaya saling mengenal).

Ia menyampaikan hal itu saat memberikan pengantar pada acara Launching dan Bedah Buku “Ruang untuk yang Kecil dan Berbeda” yang digelar Lakpesdam PBNU di di lantai 5, Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (26/7).

Ia mengatakan, pemaknaan kata lita’arafu itu tidak mandeg karena dalam beberapa hal juga diharuskan lita’arafu. Setidaknya dalam keberagamaan dan kelas ekonomi.

Pertama, lita’arafu dalam hal keberagamaan, menurutnya, konflik yang terjadi diberbagai tempat itu banyak terkait dengan keberagamaan. Hambatan inklusivitas itu urusan sara yang paling kencang, terutama urusan keberagamaan. Namun, dalam kehidupan akhir-akhir ini yang terjadi adalah ekslusivitas.

“Sementara ajaran NU itu inklusif tidak terbatas pada bainal muslimin, siapa pun dia, apa pun kelasnya untuk masuk ke sana,” jelas pria yang juga menjabat Rektor UNU Indonesia ini.

Kedua, lita’arafu dalam kelas (ekonomi atau status sosial). Menurut pria kelahiran Demak, Jawa Tengah ini, lita’arafu dalam kelas itu harus inklusif dalam kehidupan, konsekuensinya wajib menyapa si miskin, menyapa anak yatim.

“Dan kedua atribut ini menjadi catatan besar kalau tidak mau disebut yukadzibu biddin, mendustakan agama,” katanya.

Pada acara ini hadir tiga pembicara; koordinator peneliti Ahmad Zainul Hadi, Bupati Bondowoso H. Amin Said Husni, dan peneliti LIPI Irene H. Gayatri. (Husni Sahal/Abdullah Alawi)
Sumber : Nu.or.id


Title : Saling Mengenal Kunci Menyisiati Keragaman
Description : Nahdliyin.id -  Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H. Mochammad Maksum Machfoedz mengatakan bahwa keragaman adalah sebua...

Dapatkan Berita Terbaru dari Kami Via Email: