Nahdliyin.id - - Media Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Makin Tinggi Ilmu Seseorang, Makin Tak Gampang Menyalahkan

Makin Tinggi Ilmu Seseorang, Makin Tak Gampang Menyalahkan
Abdullah, NU Online | Ahad, 21 Mei 2017 21:52
Pesawaran, NU Online
Pengasuh Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy Leler Banyumas KH Zuhrul Anam mengatakan bahwa saat ini banyak orang yang dengan gampang menyalahkan orang lain. Orang yang sering berbuat seperti itu sesungguhnya menunjukkan sempitnya ilmu yang dikuasai sehingga melihat sesuatu menurut sudut pandangnya sendiri.

"Orang kalau ilmunya tinggi tidak gampang menyalahkan orang lain. Sama saja kalau kita duduk di bawah, maka tidak akan memiliki pandangan yang luas. Tapi kalau duduk di,atas kita akan melihat dengan lebih luas," jelas kiai yang akrab dipanggil Gus Anam saat menjadi pembicara pada Khatmil Qur’an wal Kutub Pondok Pesantren Al Hidayat Pesawaran Lampung, Ahad (21/5).

Karenanya, menantu KH Maimun Zubair ini mengharapkan kepada para santri pondok pesantren yang diasuh KH Ma'shum Abror untuk giat dan sungguh-sungguh memperdalam ilmu sehingga akan betul-betul memiliki ilmu yang mumpuni.

"Mondok itu minimal harus 20 tahun, sama dengan jika seseorang ingin menjadi profesor," kata Gus Anam pada acara yang dihadiri Rais Syuriyah PBNU Ahmad Ishomuddin dan Bupati Pesawaran Dendi Romadhona tersebut.

Lamanya proses "nyantri" di pesantren merupakan bentuk perjuangan karena memang menuntut ilmu memerlukan perjuangan dan pengorbanan. 

"Santri itu harus rekoso (berjuang). Menuntut ilmu adalah pekerjaan yang mulia," katanya.

Selain perlu kerja keras, keberkahan ilmu juga sangat penting dalam proses mencari ilmu. Salah satu hal yang penting untuk mendapatkan keberkahan ilmu adalah dengan menghormati guru. 

"Pingin ilmu barakah, hormati gurumu. Sopan kepada para guru adalah di atas segala-galanya. Kalau ada yang meremehkan guru, orang itu terhinakan oleh Allah SWT," ujarnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh para wali santri dan masyarakat Kabupaten Pesawaran tersebut juga dibarengkan dengan Haul KH Abrori Akwan yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Al Hidayat tersebut. (Muhammad Faizin/Abdullah Alawi)
Sumber : http://www.nu.or.id/post/read/78119/makin-tinggi-ilmu-seseorang-makin-tak-gampang-menyalahkan-

Title : Makin Tinggi Ilmu Seseorang, Makin Tak Gampang Menyalahkan
Description : Abdullah,  NU Online  | Ahad, 21 Mei 2017 21:52 Pesawaran,  NU Online Pengasuh Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy Leler Banyumas KH Zuhru...

Dapatkan Berita Terbaru dari Kami Via Email: