Nahdliyin.id - - Media Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Pancasila Cerminan Nilai-nilai dalam Al-Qur’an

Pancasila Cerminan Nilai-nilai dalam Al-Qur’an
Fathoni, NU Online | Rabu, 24 Mei 2017 08:00
Pringsewu, NU Online
Mustasyar PCNU Kabupaten Pringsewu yang juga Bupati Pringsewu KH Sujadi mengatakan, beberapa kelompok saat ini sudah bergerak ingin menghancurkan NKRI dengan mengubah Ideologi Pancasila kepada ideologi yang mereka miliki. 

Kelompok yang berpaham kanan ingin mengubah Indonesia menjadi negara agama sementara kelompok paham kiri ingin mengubah Indonesia menjadi Negara Komunis.

Melihat kondisi ini sudah seharusnya warga Indonesia ikut mewaspadai gerakan ini. Walaupun tidak sama dengan Al-Quran, Pancasila merupakan cerminan dari nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Abah Sujadi, mengibaratkan Al-Qur’an dan Pancasila seperti badan dan bayangan badan saat bercermin di kaca. "Al-Qur’an tidak boleh dipertentangkan dengan Pancasila," katanya pada kegiatan Ngaji Ahad (Jihad) pagi yang dilaksanakan di Gedung NU Pringsewu, Ahad (23/5).

Abah Sujadi juga mengingatkan komitmen berdirinya NKRI dengan Ideologi Pancasila ini melalui salah satu Hadits Nabi yang artinya bahwa Orang-orang Islam adalah tergantung dengan komitmen awalnya. Indonesia sudah berkomitmen di awal terbentuknya, dengan menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Oleh karenanya, ia mengimbau untuk mempertahankan ideologi tersebut.

Kalau komitmen menjaga Ideologi Pancasila diniati dengan ibadah dan untuk menjaga kemaslahatan bersama, maka sesuai dengan Firman Allah dalam Surat Quraisy, Allah akan melindungi manuSia.

Sehingganya ia mengajak kepada seluruh Umat Islam untuk menjadikan ibadah sebagai pondasi dalam menjalankan semua amal di dunia. "Mari kita terus beribadah, beribadah, dan beribadah. Awalnya ibadah, prosesnya ibadah dan akhirnya ibadah," terangnya.(Muhammad Faizin/Fathoni)
Sumber : http://www.nu.or.id/post/read/78186/pancasila-cerminan-nilai-nilai-dalam-al-quran

Title : Pancasila Cerminan Nilai-nilai dalam Al-Qur’an
Description : Fathoni,  NU Online  | Rabu, 24 Mei 2017 08:00 Pringsewu,  NU Online Mustasyar PCNU Kabupaten Pringsewu yang juga Bupati Pringsewu KH Sujadi...

Dapatkan Berita Terbaru dari Kami Via Email: