Nahdliyin.id - - Media Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Waspada Cari Ketenangan Batin di Era Modernisasi

Waspada Cari Ketenangan Batin di Era Modernisasi
Foto: Ilustrasi
Nahdliyin.id - Ketua Lembaga Bahtsul Masail PWNU Lampung KH Munawir mengatakan bahwa saat ini banyak masyarakat yang gampang bergabung dengan kelompok atau aliran agama tanpa mengkaji secara komprehensif ajaran di dalamnya.

"Di tengah modernisasi kehidupan dunia, banyak orang yang malah ingin ketenangan batin dengan berusaha mendekatkan diri kepada sang Khaliq melalui kajian-kajian keagamaan. Tetapi, terkadang mereka salah tempat," kata Kiai Munawir menyikapi fenomena kehidupan beragama saat ini, Selasa (1/8).

Menurutnya, sangat berbahaya jika ada seseorang yang minim pengetahuan agama ingin bergabung dengan sebuah kelompok tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ulama.

"Dengan semangat tinggi tapi minim dasar ilmu agamanya kadang orang tertarik dengan kelompok yang secara penampilan tampak lebih Islami," katanya.

Padahal tampilan Islami tidak dapat menjamin dan menunjukkan kedalaman ilmu agama seseorang.

Ia berharap masyarakat berhati-hati bergabung dengan kelompok yang eksklusif, tertutup dan gampang menyalahkan orang lain karena menganggap diri mereka paling benar. (Muhammad Faizin/Alhafiz K)
Sumber : Nu.or.id


Title : Waspada Cari Ketenangan Batin di Era Modernisasi
Description : Foto: Ilustrasi Nahdliyin.id -  Ketua Lembaga Bahtsul Masail PWNU Lampung KH Munawir mengatakan bahwa saat ini banyak masyarakat yang gampan...

Dapatkan Berita Terbaru dari Kami Via Email: